Red Butterfly Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-ganti-cursor-blogger.html#gEMkxg2UzckmlhcO.99 My Blog Site: September 2012
RSS
Write some words about you and your blog here

Sabtu, 29 September 2012

Membuat Fungsi Terbilang Microsoft Excel 2007

Membuat Fungsi Terbilang Microsoft Excel 2007

Fungsi terbilang disini adalah fungsi untuk mengkonversi angka menjadi terbilang. Contoh angka 2500 akan dikonversi menjadi dua ribu lima ratus, fungsi ini banyak digunakan untuk membuat faktur, nota atau kwitansi.

Untuk membuat fungsi ini di Microsoft Excel caranya sebagai berikut:
  • Buat document baru, atau buka document yang sudah ada dan ingin diberi fungsi terbilang ini. Kemudian buka Microsoft Visual Basic Editor dari menu Tools > Macro > Visual Basic Editor untuk office 2003 atau langsung tekan tombol Alt + F11 untuk office 2007.
  • Buat sebuah module baru dengan cara klik menu Insert > Module kemudian tambahkan script berikut. :
Function Terbilang(n As Long) As String 'max 2.147.483.647
Dim satuan As Variant, Minus As Boolean
On Error GoTo terbilang_error
satuan = Array("", "Satu", "Dua", "Tiga", "Empat", "Lima", "Enam", "Tujuh", "Delapan", "Sembilan", "Sepuluh", "Sebelas")
If n < 0 Then
Minus = True
n = n * -1
End If
Select Case n
Case 0 To 11
Terbilang = " " + satuan(Fix(n))
Case 12 To 19
Terbilang = Terbilang(n Mod 10) + " Belas"
Case 20 To 99
Terbilang = Terbilang(Fix(n / 10)) + " Puluh" + Terbilang(n Mod 10)
Case 100 To 199
Terbilang = " Seratus" + Terbilang(n - 100)
Case 200 To 999
Terbilang = Terbilang(Fix(n / 100)) + " Ratus" + Terbilang(n Mod 100)
Case 1000 To 1999
Terbilang = " Seribu" + Terbilang(n - 1000)
Case 2000 To 999999
Terbilang = Terbilang(Fix(n / 1000)) + " Ribu" + Terbilang(n Mod 1000)
Case 1000000 To 999999999
Terbilang = Terbilang(Fix(n / 1000000)) + " Juta" + Terbilang(n Mod 1000000)
Case Else
Terbilang = Terbilang(Fix(n / 1000000000)) + " Milyar" + Terbilang(n Mod 1000000000)
End Select
If Minus = True Then
Terbilang = "Minus" + Terbilang
End If
Exit Function
terbilang_error:
MsgBox Err.Description, vbCritical, "^_^Terbilang Error"
End Function


  • Tutup kembali Visual Basis Editor dan kembali ke lembar kerja excel, coba ketikkan angka sembarang di sembarang tempat. Misal di cell C5 ketikkan1250200 (nb: Maksimal 2147483647)
  • Kemudia di cell yang yang lain / tempat menaruh hasil terbilang ketikkan formula=terbilang(C5)
  • Kemudian di cell tersebut akan muncul hasil terbilang yaitu satu juta dua ratus lima puluh ribu dua ratus
READ MORE - Membuat Fungsi Terbilang Microsoft Excel 2007

Sabtu, 22 September 2012

CARA MENYISIPKAN FOOTNOTE DAN ENDNOTE

Langkah membuat Footnote :

  1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
  2. Klik References kemudian klik Insert Footnote

     
  3. Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
  4. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
  5. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut. 
  6. Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan. 

Langkah membuat Endnote (kurang lebih sama dengan Footnote):
  1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi Endnote.
  2. Klik References kemudian klik Insert Endnote

     
  3. Ketikkan catatan atau isi dari endnote tersebut.
  4. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi endnote akan muncul angka kecil, dan dibagian akhir halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
  5. Jika pointer diarahkan pada angka endnote, maka akan muncul keterangan atau isi endnote tersebut. 
  6. Lakukan hal yang sama untuk membuat endnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor endnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.  Sumber :http://koleksi-stmikbjb.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-footnote-dan-endnote-pada.html
READ MORE - CARA MENYISIPKAN FOOTNOTE DAN ENDNOTE

Cara menambahkan tanggal pada header atau footer di ms word 2007

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa informasi yang ada di header maupun di footer akan selalu tampil pada setiap halaman khususnya pada section yang sama. Untuk menampilkan tanggal maupun keterangan lain yang berbeda pada beberapa halaman, maka anda harus membuat beberapa section untuk mewujudkan hal tersebut.
Cara menambahkan tanggal pada header maupun footer dapat anda ikuti langkah mudah berikut ini.
  1. Buka header atau footer yang akan anda beri tanggal dengan cara klik ganda pada area header maupun footer atau bisa anda buka caranya pada halaman ini.
  2. Atur kursor tempat tanggal akan diletakkan yaitu rata kiri, rata kanan atau center.
  3. Jika sudah, pada tab Design pilih Date & Time pada group menu Insert.

    menambahkan tanggal di header atau footer pada ms word 2007
  4. Pada jendela Date and Time pilih format tanggal yang dikehendaki kemudian klik OK

    Date and time
  5. Maka tanggal telah ditambahkan di Header atau di Footer
  6. Klik pada area lembar kerja ms word 2007 anda
 Sumber: http://ketikankomputer.blogspot.com/2012/08/cara-menambahkan-tanggal-pada-header.html
READ MORE - Cara menambahkan tanggal pada header atau footer di ms word 2007

Kamis, 20 September 2012

Cara membuat mail merge di Ms Word 2007


Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  1. Buat dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)
  2. Klik ribbon Mailings kemudian klik Start Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard

    membuat mail merge
  3. Akan muncul panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda.
  4. Pada Select document type pilih Letters kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.

    membuat mail merge
  5. Pilih Use the current document kemudian klik Next

    membuat mail merge
  6. Pada pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new list kemudian klik Create.

    membuat mail merge
  7. Akan muncul jendela New Address list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
    • Klik Customize columns

      membuat mail merge
    • Pilih filed name kemudian klik tombol delete, sampai semua nama kolom terhapus.

      membuat mail merge
    • Untuk membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)

      membuat mail merge
    • Tambahkan beberapa filed sesuai dengan kebutuhan anda.
    • Jika dirasa sudah cukup klik OK

      membuat mail merge
    • Muncul jendela New address list. Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK

      membuat mail merge
    • Untuk menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik pada new entry.
    • Simpan pada folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save.

      membuat mail merge
    • muncul daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada, atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan tanda centang pada list tersebut.

      membuat mail merge
  8. Klik Next : Write your letter untuk melajutkan
  9. Sampai disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan.

    membuat mail merge
  10. Pada pilihan write your letter, pilih More item

    membuat mail merge
  11. Pada jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert

    membuat mail merge
  12. Ulangi langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.

    membuat mail merge
  13. kemudian klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.

    membuat mail merge

    membuat mail merge
  14. Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger.
  15. Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual letters. Jika anda pilih merger print, maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

    membuat mail merge    

Sumber: http://ketikankomputer.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-mail-merge-di-ms-word-2007.html
READ MORE - Cara membuat mail merge di Ms Word 2007